PERUBAHAN
DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI
1.
PENGERTIAN PERUBANHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI
Pengertian perubahan organisasi
Perubahan organisasi adalah kegiatan
episodic, artinya perubahan dimulai pda satu titik, berlanjut melalui
serangkaian tahap, dan mencapai puncaka dalam hasil yang diharapkan oleh mereka
yang terlibat berupa perbaikan dari titik awal. Perubahan memiliki permulaan,
pertengahan dan akhir. Perubahan organisasi atau pembaharuan organisasi
(organizational change) didefinisikan sebagai pengadopsian ide-ide atau
perilaku baru oleh sebuah organisasi. Organiasasi dirancang untuk beradaptasi
dengan peruabahan lingkungan melalui pembaharuan dan pengembangan internal.
Perubahan organisasi dicirikan dengan berbagai usaha penyesuaian-penyesuaian
disain organisasi di waktu mendatang. Pengelolaan perubahan secara efektif
tidak hanya diperlukan bagi kelangsungan hidup organisasi, tetapi juga sebagai
tantangan pengembangan. Dalam pengertian lain perubahan organisasi merupakan
proses penyesuaian desain organisasi terhadap kondisi lingkungan yang dihadapi.
Perubahan dapat bersifat reaktif dan proaktif.
Pengertian Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi adalah suatu
perspektif tentang perubahan sosial yang direncanakan dan yang dibina. Hal ini
menyangkut inovasi yang menyiratkan perubahan kualitatif dalam norma, pola
perilaku dalam hubungan perorangan dan hubungan kelompok dalam persepsi tujuan
maupun metode. Pengembangan organisasi dapat dirumuskan sebagai perencanaan,
penataan dan bimbingan dari organisasi baru atau yang disusun kembali; (a) yang
mewujudkan perubahan dalam nilai-nilai, teknologi fisik dan atau sosial, (b).
Menetapkan, mengembangkan dan melindungi hubungan-hubungan normatif dan
pola-pola tindakan yang baru, dan (c). Memperoleh dukungan dan kelengkapan
dalam lingkungan tersebut.
Secara ringkas pengembangan organisasi
mencakup juga penyusunan kembali struktur organisasi, dan berkaitan dengan
keseluruhan faktor yang mempengaruhi tugas dan fungsi seluruh organisasi.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan organisasi atau mempengaruhi desain
organisasi adalah faktor lingkungan eskternal dan internal organisasi.
2.
LANGKAH-LANGKAH PERUBAHAN
ORGANISASI
A. METODE PEGEMBANGAN PERILAKU
1. PROGRAM GERADI MANAJEMEN
Program yang mengkombinasikan pelatihan
kepemimpinan dan latihan pengembangan kelompok.
2. PEMBINAAN TIM
Suatu tehnik manajemen yg mencakupkan
sejumlah metode spesifik untuk membentuk kerja tim yang efektif, baik didalam
maupun di antara kelompok kerja.
3. PERENCANAAN KEHIDUPAN
Suatu metode pengembangan yg mendorong dan
memungkinkan orang orang memainkan peran aktif dalam memadukan karier dan
aktivitas kehidupan mereka kearah hasil yang memuaskan
4. PELATIHAN KEPEKAAN
Metode yang diterapkan secara luas untuk
membantu orang orang mempelajari cara peningkatan ketrampilan antar pribadi
mereka.
B. METODE PENGEMBANGAN STRUKTUR
1. MANAJEMEN BERDASARKAN SASARAN/MANAJEMEN BY
OBJECTIVE (MBO)
Membantu menyediakan wewenang lebih besar
bagi setiap orang untuk menentukan tujuan pekerjaan mereka
2. SISTEM
Merupakan pendekatan yg diterapkan secara
luas untuk mengembangkan karakteristik desain organik dalam suatu organisasi
3. TEKNOLOGI DESAIN MAPS (multivariate
analysis)
Metode mendesain organisasi berdasarkan
hubungan yg dipandang perlu untuk melaksankan tugas individu.
3.
PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI
Perencanaan strategis adalah suatu rencana
jangka panjang yang bersifat menyeluruh, memberikan rumusan ke mana suatu
organisasi/perusahaan akan diarahkan, dan bagaimana sumberdaya dialokasikan
untuk mencapai tujuan selama jangka waktu tertentu dalam berbagai kemungkinan
keadaan lingkungan.
Hasil dari proses perencanaan strategi berupa
dokumen yang dinamakanstrategic plan yang berisi informasi tentang
program-program beberapa tahunyang akan datang.
Manajer memerlukan jenis perencanaan khusus
yang disebut perencanaan strategis. Perencanaan strategis ini akan digunakan
untuk menentukan misi utama organisasi dan membagi-bagi sumber daya yang
diperlukan untuk mencapainya.
Ada 2 (dua) alasan yang menunjukkan
pentingnya Perencanaan Strategis :
·
memberikan kerangka dasar dalam mana semua bentuk-bentuk
perencanaan lainnya yang harus di ambil.
·
akan mempermudah pemahaman bentuk-bentuk perencaaan lainnya.
Dengan adanya perencanaan strategis ini maka
konsepsi perusahaan menjadi jelas sehingga akan memudahkan dalam
memformulasikan sasaran serta rencana-rencana lain dan dapat mengarahkan
sumber-sumber organisasi secara efektif.
Tiap penerapan perlu merancang variasinya
sendiri sesuai kebutuhan,situasi dan kondisi setempat. Meskipun demikian,
secara umum proses perencanaan strategis memuat unsur-unsur:
·
perumusan visi dan misi,
·
pengkajian lingkungan eksternal,
·
pengkajian lingkungan internal,
·
perumusan isu-isu strategis,
·
penyusunan strategi pengembangan (yang dapat ditambah dengan
tujuan dan sasaran).
4.
IMPLIKASI MANAJERIAL
Sebab yang terjadi karena adanya perubahan
dan pengembangan organisasi adalah sebuah organisasi tersebut akan mengalami
peningkatan baik dalam kinerja maupun hal lainnya, organisasi tersebut juga
tidak akan diam/stuck di dalam suatu posisi melainkan terus berkembang semakin
hari.
SUMBER :
·
http://rizkyfebriyanto.blogspot.com/2013/06/perencanaan-strategi-pengembangan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar